Sabtu, Oktober 29, 2011

Epidemiologi Kanker Ginekologi


Kanker di Indonesia diposisikan sebagai kelima penyebab kematian, karena peningkatan jumlah pasien dengan kanker dari tahun ke tahun oleh meningkatnya harapan hidup perempuan Indonesia. Harapan hidup sesuai dengan peningkatan kondisi sosial ekonomi. Lebih dari 40% dari keganasan merupakan kanker ginekologi. Data tentang hal ini dalam publikasi internasional sangat jarang atau tidak muncul. Oleh karena itu tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kanker ginekologi di Indonesia.


Untuk gambaran status ginekologi kanker di Indonesia. Informasi mengenai Indonesia yang diperoleh dari Laporan Bank Dunia dan Yearbook statistik Indonesia 2007, data epidemiologis yang diperoleh dari Data histopatologi Kanker di Indonesia 2002, Departemen Kesehatan; Asosiasi Spesialis Onkologi Indonesia dan  Berbagai Rumah Sakit di Indonesia. Indonesia merupakan kepulauan dengan luas total 1,922,570.00 km2, populasi 222.192.000 (2006), peringkat dunia keempat. Populasi perempuan mencapai 49,86% dengan harapan hidup 69 tahun. Produk Nasional Bruto per Kapita adalah 690,00 USD. Laporan histopatologi pada tahun 2002 menunjukkan bahwa kanker rahim, kanker ovarium dan kanker rahim adalah kanker yang paling sering di antara perempuan, yang pertama (2532 kasus), ketiga (829 kasus) dan kedelapan (316 kasus) peringkat masing-masing usia puncak untuk serviks, rahim dan kanker ovarium adalah 45-54 tahun. HPV 16, 18 ditemukan pada 82% dari serviks invasif.


Data dari berbagai rumah sakit akademik 2007 menunjukkan bahwa kanker serviks adalah keganasan yang paling umum diikuti oleh ovarium, vulva rahim, dan vagina.  Kelangsungan hidup lima tahun pada stadium I, II, III, IV kanker serviks adalah 50%, 40%, 20%, dan 0% masing-masing. Secara keseluruhan  kelangsungan hidup lima tahun pada karsinoma ovarium adalah 54,8%. Jika sub-diklasifikasikan oleh tiap tahap, maka angka  tingkat kelangsungan hidup lima tahun adalah 94,3%, 75,0%, 31%, dan 11,7% untuk stadium I, II, III, dan IV masing-masing. Rata- rata angka kelangsungan hidup lima tahun kanker endometrium adalah 71,9%. Indonesia adalah kepulauan terbesar dengan penduduk padat tapi pendapatan per kapita masih rendah (negara miskin). Kanker ginekologi yang paling umum adalah kanker leher rahim, diikuti oleh ovarium dan kanker rahim. Kanker ini termasuk dalam sepuluh besar kanker di Indonesia. HPV 16, 18 adalah penyebab sebagian besar kanker serviks. tingkat ketahanan hidup lima tahun  yang sesuai dengan laporan dunia.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas yang besar dan padat penduduknya. Tingkat peningkatan alami dari populasi masih tinggi karena tingkat kelahiran jauh lebih besar daripada tingkat kematian. Para penduduk perempuan sedikit lebih kecil dari penduduk laki-laki, tetapi harapan hidup perempuan lebih panjang dari laki-laki. Indonesia dikategorikan sebagai negara miskin atau negara berkembang terutama setelah krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1998. Produk nasional bruto (PNB) dan GNP pribadi adalah lebih rendah di antara negara-negara Asia.

Sampai sekarang, kita tidak memiliki  lembaga register kanker seperti di negara maju. Apa yang kita miliki adalah register kanker yang dijalankan oleh Indonesia Asosiasi Patologi Anatomik yang berkolaborasi dengan Masyarakat Kanker Indonesia. Mereka mengumpulkan data dari 13 laboratorium patologi anatomi yang tersebar di beberapa daerah atau provinsi. Sementara data dari rumah sakit kanker adalah bagian dari pelaporan penyakit, dilaporkan oleh provinsi dan rumah sakit kabupaten yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan. Selain itu Masyarakat Indonesia Gynecologic Oncology sekarang juga mengembangkan registri yang diadopsi dari sistem pelaporan Federasi Internasional Ginekologi dan Obstetri (FIGO). Laporan datang dari rumah sakit akademis di mana satu atau beberapa ahli kanker ginekologis praktek. Sebuah rumah sakit pendidikan juga sebagai rumah sakit rujukan utama di daerah masing-masing atau provinsi.

1.  Insidensi
Karena kita tidak memiliki registri kanker yang didirikan, Departemen Kesehatan mengasumsikan kejadian kanker menjadi 100 per 100.000 orang. Berdasarkan patologi, ada 10 kanker paling sering pada kanker bersama-sama yaitu pria dan wanita dari leher rahim, kanker payudara, kulit, rektum, nasofaring, ovarium, kelenjar getah bening, kolon, tiroid, dan jaringan lunak. Kanker leher rahim juga muncul sebagai kanker yang paling sering di antara wanita, dan posisinya adalah peringkat pertama, diikuti oleh payudara, ovarium, kulit, tiroid, rektum, kelenjar getah bening, rahim, usus besar, nasopharynx. Ada sedikit perbedaan antara data patologis dan berbasis rumah sakit. Kanker serviks adalah sekitar 75% di antara kanker ginekologi dan mereka sebagian besar didiagnosis pada tahap lanjutan.

2. Umur

Kelompok usia puncak kanker leher rahim, kanker rahim dan ikanker ndung telur adalah antara 45-54 tahun seperti yang ditunjukkan pada.



Kanker Servik
1. Human Papilloma Virus

Telah diketahui bahwa Human Papilloma Virus sebagai agen penyebab keganasan saluran kelamin bagian bawah, terutama kanker leher rahim. Kami memiliki spesimen biopsi dari 76 pasien dengan kanker leher rahim, dan HPV DNA terdeteksi di sekitar 96% dan terutama HPV 16 dan 18 ditemukan pada 83%. Angka ini hanya sedikit berbeda dari yang ditemukan di Belanda dan Suriname.



2. Faktor Risiko

Ada sebuah rumah sakit berbasis studi kasus kontrol di Rumah Sakit Dr CiptoMangunkususmo (rumah sakit rujukan nasional) yang melibatkan 143 kasus kanker serviks dan 143 kasus kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa faktor risiko pada kanker serviks adalah usia di atas 50 tahun, pendidikan rendah, pengangguran, usia saat hubungan seksual pertama <20 tahun, jumlah pasangan lebih dari 1, dan paritas 6.




SURVIVAL

Sangat sulit untuk mendapatkan 5 tahun tingkat kelangsungan hidup secara nasional karena tindak lanjut sistem kami sangat sedikit. Banyak pasien tidak datang secara teratur atau gagal untuk ditindaklanjuti, atau mereka sering pindah dari satu tempat ke tempat lain. Studi serviks, ovarium (178 kasus) dan kanker endometrium (72 kasus) di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo menemukan bahwa kelangsungan hidup lima tahun adalah sebagai berikut: 1) lima tahun tingkat kelangsungan hidup di kanker serviks stadium I, II, III, IV 50%, 40%, 20% dan 0% masing-masing. 2) Secara keseluruhan lima tahun kelangsungan hidup tingkat karsinoma ovarium adalah 54,8%. Jika sub-diklasifikasikan oleh tahap, lima tahun angka survival 94,3%, 75,0%, 31% dan 11,7% untuk stadium I, tahap II, tahap III, dan stadium IV masing-masing. 3Lima tahun kelangsungan hidup bebas kambuh tingkat kanker endometrium adalah 71,9%.


PROGRAM PENGENDALIAN KANKER 


1. Program Departemen Kesehatan

Kolaborasi Program JHPIEGO dan Departemen Kesehatan mencakup beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Program ini terdiri dari pelatihan untuk para pelatih dan kemudian melatih penyedia kesehatan seperti dokter umum, bidan dan perawat. Kegiatannya berupa skrining perempuan berisiko di beberapa daerah. Pemeriksaan dengan inspeksi visual dengan asam asetat (VIA).


2. Pelaksanaan Program
Program ini bekerjasama dengan Program Kanker Universitas Perempuan Leiden. Program dimulai dengan tiga pusat yaitu Jakarta, Tasikmalaya dan Bali dan kemudian diperluas ke Sumatera Utara, Kalimantan Selatan dan Utara Sulawesi.  Tingkat VIA positif adalah 4,5%, dan sebagai hasilnya, 1.346 dari 1.556 perempuan dirawat. Oleh karena itu, cakupan dalam kunjungan tunggal 86,5%.

RINGKASAN
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan penduduk padat akan tetapi pendapatan per kapita masih rendah (negara miskin). Kanker  ginekologi yang paling banyak adalah kanker leher rahim, diikuti oleh kanker ovarium dan kanker rahim. Tingkat ketahanan hidup lima tahun sebanding dengan laporan dunia.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...