Minggu, Mei 22, 2011

3 Rahasia Uang Menurut Robert T. Kiyosaki di “60 Minutes To Getting Rich”

Di video 60 Minutes to Getting Rich, Kiyosaki menyampaikan 3 rahasia penting mengenai uang:

Money is an idea
Money doesn’t make you rich
Everyone has money problem
translasinya kurang lebih seperti ini:

Uang adalah ide
Uang TIDAK membuat anda kaya
Semua orang memiliki masalah keuangan
Uang adalah ide – Money is an idea
Yap, uang yang kita gunakan saat ini (uang kertas) adalah ide yang terikat ruang dan waktu adanya uang tersebut. Uang itu menjadi bermakna karena sekumpulan orang di satu area memiliki ide yang sama mengenai uang tersebut, yaitu alat tukar nilai.


Pemahaman kongkrit dari konsep ini:

Coba bawa 1 milyar rupiah ke kota nyamapanda di zimbabwe yang penduduknya have no idea tentang rupiah. Apakah uang tersebut berguna disana? Tidak seberguna jika anda bawa ke F.O – F.O di Bandung tentunya.

Uang tidak membuat anda kaya – Money doesn’t make you rich
Yap, yang membuat kita kaya adalah kemampuan finansial kita: kemampuan mengelola sumberdaya yang kita miliki sehingga menghasilkan. Hal ini selaras dengan apa yang Robert katakan di buku Increase Your Financial IQ – Tingkatkan Kecerdasan Finansial Anda. Uang tidak membuat kita kaya. Uang adalah hasil dari kecerdasan finansial kita.

Bayangkan hal ini: seorang yang biasa berpenghasilan 2 – 3 juta tiba2 mendapatkan satu milyar. Tanpa memahami investasi apa yang akan menghasilkan, dia kemungkinan besar akan menggunakan satu milyarnya untuk pemenuhan hasratnya belaka: belanja, wisata, dll, dll. Setelah itu apa? Habis. Kalaupun di investasikan, tanpa pengetahuan yang baik dan koneksi ke orang-orang yang bisa di percaya, uang tersebut akan habis juga.

Semua orang memiliki masalah keuangan – Everyone has money problem.
Yap, semua orang. Entah dia kaya atau miskin, ganteng atau tidak *well, tidak ada hubungannya sih  *, semua orang punya masalah keuangannya masing-masing. Dan pada dasarnya ada dua jenis masalah keuangan:

Kekurangan Uang
Kelebihan Uang
Nah, kita mau yang mana?

Hmm.. pendapat anda?


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...