Jumat, Juni 08, 2012

Menyusui ternyata mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara

menyusui menyehatkan balita anda
Menyusui telah diketahui memiliki hubungan terbalik terhadap risiko kanker payudara pada populasi umum. namun belum jelas diketahui apakah menyusui juga dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita yang memiliki potensi timbulnya kanker payudara terutama wanita yang memiliki kelainan genetik berupa mutasi gen BRCA1 dan BRCA2.
Pada wanita yang memiliki mutasi gen BRCA 1 dan BRCA 2 akan mudah terkena kanker payudara dibanding dengan wanita yang tidak terdapat kelainan pada kedua gen tersebut. Sehingga upaya untuk mengetahui peran menyusui pada wanita dengan mutasi BRCA1 atau BRCA 2 dapat bermanfaat untuk rekomendasi dalam prevensi dan penilaian risiko ke depan.
Kabar baiknya adalah dari hasil penelitian pada 1665 wanita yang mengalami mutasi BRCA1 dan BRCA2. Diantara wanita pembawa mutasi BRCA1, ternyata menyusui selama kurang lebih satu tahun berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara sekitar 32%. bahkan jika seseorang wanita mau menyusui selama dua tahun atau lebih mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara lebih baik lagi. Pada wanita dengan pembawa mutasi BRCA2 tidak terdapat penurunan kemungkinan terkena kanker payudara secara bermakna.
jadi ternyata menyusui banyak manfaatnya selain yang selama ini telah kita ketahui terutama menghemat uang belanja.
ayo ibu-ibu yang punya anak balita, lanjutkan tugas muliamu.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...