Senin, November 14, 2011

Kehamilan dengan Penyakit Trofoblas Ganas


Penyakit Tropoblas Ganas (PTG) adalah suatu tumor ganas yang berasal dari sito dan sinsiotropoblas yang menginvasi miometrium, merusak jaringan disekitarnya dan pembuluh darah sehingga menyebabkan pendarahan. PTG dapat didahului oleh proses fertilisasi (mola hidatidosa, kehamilan biasa, abortus, kehamilan ektopik) bahkan dapat merupakan produk langsung dari hasil konsepsi atau yang bukan didahului oleh suatu kehamilan. PTG yang didahului proses pembuahan sel telur digolongkan sebagai khoriokarsinoma dengan kehamilan (gestasional choriocarsinoma) sedang yang tanpa didahului pembuahan sel telur dikenal sebagai koriokarsinoma tanpa kehamilan (non gestasional choriocarsinoma) yakni yang berasal dari tumor sel germinal pada ovarium. Dari sini terlihat setiap wanita dihadapkan akan kemungkinan menderita penyakit tropoblas (Soekimin, 2005).

PTG paling sering terjadi setelah kehamilan mola, tetapi mungkin juga timbul pada semua kehamilan. Insiden terbesar penyakit ini terdapat di India dan Indonesia yaitu antara 15,3–19,1 per 1000 kehamilan, dan insiden paling rendah di Amerika Utara, Eropa, dan Oceania yaitu antara 0,2–0,7 per 1000 kehamilan. Kehamilan mola sebelumnya merupakan predisposisi untuk menjadi PTG dengan kemungkinan sebesar 20% yang kemudian akan mendapatkan kemoterapi. Dibandingkan dengan kehamilan biasa, kehamilan mola meningkatkan risiko menjadi PTG sebesar 1000 kali (Garner dkk., 2003).
Risiko terjadinya PTG yang non metastase 75% didahului oleh mol ahidatidosa dan sisanya abortus, kehamilan ektopik atau kehamilan aterm. Risiko terjadinya PTG yang metastase 50% didahului oleh molahidatidosa 25% oleh abortus, 22% oleh kehamilan aterm, dan 3% oleh kehamilan ektopik. Pada jenis invasive mola 12,5% berasal dari mola komplit dan 1,5% berasal dari mola partial. Pada koriokarsinoma 1,7% berasal dari mola komplit dan 0,2% dari mola partial. Koriokarsinoma setelah kehamilan normal lebih sering terjadi dibandingkan dengan mola invasive.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...