Selasa, Februari 02, 2010

Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar memerlukan perawatan khusus. Anda harus tahu apa yang perlu diperhatikan untuk kehamilan kembar Anda, dari nutrisi dan berat badan dan komplikasi yang mungkin akan timbul.

Apakah Anda akan terkejut mengetahui bahwa Anda hamil kembar atau bahkan kembar tiga?

Kadang-kadang kehamilan kembar terjadi begitu saja. Dalam kasus lain, faktor-faktor spesifik yang berperan. Misalnya, kehamilan kembar lebih mungkin saat usia bertambah karena perubahan hormon dapat menyebabkan lebih dari satu telur akan dikeluarkan pada suatu waktu. Penggunaan teknologi reproduksi berbantu - seperti fertilisasi in vitro - juga meningkatkan kemungkinan kembar atau kelipatan lainnya.

Jika Anda didiagnosis dengan kehamilan kembar atau kelipatan lain, inilah yang perlu Anda ketahui untuk menjaga dirimu baik-baik - dan bayi Anda.

Bagaimana kehamilan kembar terjadi?

Kembar fraternal - jenis yang paling umum - terjadi ketika dua telur terpisah dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Masing-masing memiliki plasenta kembar sendiri dan kantung ketuban. Si kembar bisa dua perempuan, dua anak laki-laki, atau laki-laki dan perempuan. Secara Genetis, mereka tidak lebih mirip daripada saudara lainnya.

kembar identik terjadi ketika telur tunggal membelah dan berkembang menjadi dua janin. kembar identik dapat berbagi plasenta, tapi setiap bayi biasanya memiliki kantung ketuban yang terpisah. Genetis, kedua bayi adalah identik. Mereka akan jenis kelamin yang sama dan melihat persis sama. Jarang, kembar identik gagal untuk sepenuhnya terpisah menjadi dua individu. Bayi ini dikenal sebagai kembar siam.

Kembar tiga dan lainnya kelipatan orde tinggi dapat identik, persaudaraan atau kombinasi keduanya.

Mendiagnosis kehamilan kembar

Dokter mungkin mencurigai kehamilan kembar jika rahim Anda lebih besar dari normal atau sepertinya ada lebih dari satu detak jantung janin. tes darah tertentu dapat menentukan apakah  kembar atau kelipatan lain. Sebuah kehamilan kembar dicurigai biasanya dikonfirmasikan dengan USG.

Kadang-kadang kehamilan kembar yang tampaknya normal kemudian ditemukan hanya memiliki satu bayi. Hal ini dikenal sebagai sindrom hilang kembar. Episode tersebut bisa menyedihkan, frustasi dan membingungkan.

Apa arti kehamilan kembar bagi ibu

Menjaga diri ibu baik-baik adalah cara terbaik untuk merawat bayi Anda. Jika anda hamil kembar, apa yang harus dilakukan?:

§  pemeriksaan lebih sering. Periksakan diri anda ke dokter lebih sering untuk mengamati pertumbuhan dan perkembangan bayi anda, memantau kesehatan Anda, dan untuk mengetahui tanda-tanda persalinan prematur. Anda mungkin perlu sering ultrasound atau tes lainnya. Dokter mungkin akan merekomendasikan kunjungan setiap 2 mingguan selama trimester kedua dan sekali-seminggu-kunjungan selama trimester ketiga.

§  penekanan lebih lanjut tentang nutrisi tertentu. Anda akan memerlukan lebih banyak asam folat, kalsium, besi, protein dan nutrisi penting lainnya.  Anda harus mengkonsumsi makanan sehat,  - dan pastikan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal sehari-hari. Dokter mungkin menyarankan suplemen zat besi juga.

§  berat badan lebih berat. Berat badan yang cukup penting untuk kesehatan bayi Anda. Penambahan berat badan yang direkomendasikan (sekitar 16-20 kg)  dari berat badan yang sehat sebelum kehamilan. Konsultasikan dengan dokter berapa berat ideal yang seharusnya bagi anda.

§  tindakan pencegahan lainnya. penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan meminta Anda untuk membatasi beberapa kegiatan Anda - seperti bekerja, melakukan perjalanan dan. Meskipun istirahat belum terbukti sebagai cara yang efektif untuk mencegah persalinan prematur, kadang-kadang disarankan jika ada masalah tekanan darah atau gangguan pertumbuhan bayi.

Pertimbangkan komplikasi

Penting untuk menyadari kemungkinan komplikasi kehamilan kembar. Sebagai contoh:

§  Tekanan darah tinggi. Ibu lebih mungkin untuk mengalami tekanan darah tinggi selama kehamilan.Ketika tekanan darah tinggi disertai dengan protein dalam urin, kondisi ini dikenal sebagai preeklampsia. Penanganan yang hati-hati diperlukan untuk mencegah komplikasi serius bagi ibu dan bayi.

§  lahir prematur. Semakin banyak bahi yang anda kandung, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mempertahankan kehamilan sampai dengan cukup bulan. Jika Anda memiliki tanda-tanda persalinan prematur, Anda mungkin akan diberi suntikan obat steroid untuk mempercepat pengembangan paru-paru bayi Anda.  Komplikasi mungkin termasuk berat badan lahir rendah, kesulitan bernapas dan pencernaan, organ yang belum matang, ketidakmampuan belajar, dan masalah perkembangan.

§   Transfusi kembar-Twin. Dengan kembar identik, mungkin untuk pembuluh darah di dalam plasenta untuk menghubungkan 'sistem peredaran darah bayi tersebut. Hal ini menyebabkan satu bayi  menerima darah terlalu banyak dan terlalu sedikit bagi yang lain. Ini adalah komplikasi serius bagi kedua bayi yang mungkin memerlukan intervensi agresif selama kehamilan. Seringkali, bayi dalam situasi ini persalinan dengan segera lebih menguntungkan daripada masalah prematuritas bayi tersebut.

§  Operasi sesar. Operasi sesar biasa dikerjakan pada kehamilan kembar,  terutama jika bayi tidak dalam posisi kepala di bawah. Dalam beberapa kasus, adanya komplikasi setelah persalinan vagina dari kembar pertama mungkin memerlukan operasi sesar untuk kembar yang kedua.

Merawat bayi kembar

Bayi kembar yang sehat memiliki kebutuhan yang sama seperti bayi baru lahir lainnya. Namun dengan bayi kembar, memerlukan perhalian yang tentunya lebih banyak. Anda perlu istirahat yang cukup dan dukungan lebih. Luangkan waktu untuk merawati bayi Anda - dan meminta teman-teman, orang yang dicintai dan yang lain untuk membantu ketika Anda membutuhkannya.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...